menu rumahan dari dapur Hartako

Rabu, Oktober 05, 2011


Tumis sayur bunga pepaya. Gak seperti tumisan paria yang dominan pahitnya, sayur ini lebih familiar di lidah. Biasa dikombinasi daun kelor. Kali ini kombinasi kangkung. Dengan bumbu yang diracik pedes dan ada cabe merah utuhnya buat yang doyan seperti saya!



Llyabul....dibacanya susah, diucap secara samar  sampe lidahnya terputar. tapi sudahlah gak penting, lebih penting rasanya. Ini makanan khas Buol. kita para cucu sih bilangnya pizza Buol. dibuat dari sagu kering yang sudah di cuci dan dijemur, kelapa parut dan ikan mairo, ikan kecil-kecil.

cara buatnya seperti pan cake gitu. aroma daun pisangnya, mmm.....enak sekali deh rasanya. Garing diluar dan lembut didalam. Dimakan  dengan ulekan cabe ijo, garem dan perasan jeruk purut, kita bilangnya lemong suanggi.menu ini ngangenin...klo lama gak makan ini mesti berasa ada yang kurang deh. less carbo pastinya dan top!


Ini tombouat....makanan bangsawan dari Buol...hehehee...katanya sih. 
konon waktu mamie kecil dikasih tau kalo ini gak buat anak kecil. ternyata itu supaya anak-anak gak usah ikutan ngabisin karena enak banget! dan dibuatnya dari ayam kampung muda yang terbatas jumlah dan ukurannya gak besar. yang bisa bikin ini juga cuma orang-orang tertentu.Ini keseluruhan lemak dan daging ayam kampung muda, kadang masih bersama telor yang belum jadi. dicampur bersama tepung sagu, bumbu, dibungkus daun pisang dan dibakar...aromanya? kayak mentega cair....kan full lemak isinya! ih, gak heran ya semua generasi mamie, termasuk papie yang ikut-ikutan doyan, semua mengidap kolesterol dan tekanan darah tinggi!

woku belanga yang sarat bumbu sampai hilang aroma dan rasa amis ikannya. seger, pedes dan enak!...menu Makassar juga ada yang model ikan masak seperti ini, pallumara. Tapi saya kurang suka karena amisnya minta ampun deh. apalagi kalo ikannya dipotong melintang.....merusak syaraf makan.


nah!!!....kalo beruntung dapet telor ikan bisa lebih mantap. ade iparku Uncu yang asli Bukit Tinggi, tadinya gak doyan ikan. Tapi begitu nyobain menu ini.....sekarang? mmm...sendiri belanja, sendiri masak, sendiri makan. Doyan kwadrad.

foki-foki tumis.....terong tumis. ssssttt....jangan keras-keras nyebutin foki-foki, kekasihku suka ketawa geli, penasaran dengan banyaknya kata berulang dalam bahasa Menado. buku-buku, pala-pala,rie-rie,.....dll. waktu posting gambar ini di FB, kak Ita kakakku langsung minta di inbox resepnya. hehehe...kujanjikan segera, tapi lupa terus. maklum bukan bikinan sendiri....

ayam bakar rica. ayamnya diungkep sebentar dengan bumbu, lalu dibakar dan disiram rica tumisnya. berasa pedesnya....mato' dang kwa


tumisan ini dibuat mamie untuk Julien, tamu Perancisnya yang nginep di Hartako. tapi dianya sih bukan gak suka sama menu ini, tapi katanya ngeliat kembang kol jadi teringat masa kecilnya dulu bersekolah asrama di Perancis sana....nah looo...pengalaman apa tuh sampe traumatik gitu


en masih banyak lagi menu-menu khas, enak dan andalan dari dapur Hartako yang belum sempet difoto. Lebih seringnya sih teringat kamera ketika makanannya sudah mendekati ludes. next ya....sama kue-kue resep andalannya mamie yang mmm.....pe sadap-sadap do e ......

You Might Also Like

1 komentar

Subscribe